Minggu, 28 Oktober 2007

Puasa Enam Di Bulan Syawal..


Setelah menjalankan puasa di Bulan Ramadhan,tibalah bulan Syawal di mana hari kemenangan tiba dengan penuh rasa syukur akan segala yang telah kita jalankan selama bulan Ramadhan...

Ibadah yang dilipatgandakan pahalanya,kesabaran yang diuji...Keihklasan yang selalu tertanam di qalbu..
Inilah nikmat yang dijanjikan oleh Allah SWT dalam sabdanya :
"Bagi orang yang berpuasa ada dua kenikmatan yang ia dapati,yaitu kenikmatan pada saat berbuka puasa dan kenikmatan pada saat bertemu Allah nanti.."


Idul Fitri itu hanya milik orang yang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan,karena bagaimana mungkin kemenangan diberikan kepada mereka yang tidak melakukan perjuangan..

Syawal itu sendiri mempunyai arti "peningkatan"..Yang dimaksud peningkatan di sini adalah pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan akan ada peningkatan akan kualitas iman dan keikhlasan kita dalam menjalani ibadah kepada Allah SWT..

Diharapkan peningkatan keimanan dan keikhlasan dalam beribadah itu dapat berjalan terus tidak hanya di bulan ramadhan saja..
Oleh karena itu setelah Ramadhan umat Islam dianjurkan untuk berpuasa di bulan Syawal yang lebih dikenal dengan puasa enam..

Allah memberikan ganjaran kepada hambanya yang menjalankan puasa enam, seperti sabda Rasullulah SAW :
"Barangsiapa yang berpuasa di bulan ramadhan,dan diiringi dengan puasa enam hari di bulan Syawal,maka ia seperti berpuasa satu tahun penuh.."( HR Muslim )

Hikmah yang kita peroleh dengan menjalankan puasa di bulan Syawal adalah melatih kesabaran kita,agar pada saat lebaran bukan menjadi ajang balas dendam dengan makan makanan yang lezat sepuas-puasnya, memberikan kesempatan kepada tubuh kita untuk menyesuaikan diri setelah dilatih sebulan penuh untuk menahan lapar dan dahaga..

Puasa enam juga berguna untuk menahan kesedihan kita ketika ditinggal oleh bulan yang penuh rahmat yaitu bulan Ramadhan..

Semoga setelah perginya bulan Ramadhan bukan berarti selesai sudah perjuangan kita tetapi dapat terus meningkatkan iman dan taqwa dengan penuh keihklasan kepada Allah SWT...

Semoga hati kita selalu bersih yang dipenuhi oleh Iman dan Taqwa..
InsyaAllah ..semoga kita masih dapat bertemu dengan Ramadhan di tahun depan..
Amien...


Tidak ada komentar: