Kamis, 13 Desember 2007

Qiyamul Lail..

Tiba2 aku teringat oleh salah satu teman yang pernah bertanya tentang sholat malam,bagaimana cara-nya agar dapat melaksanakan qiyamul lail atau sholat malam tsb tiap malamnya dan apa guna sholat tsb.

Secara saya bukanlah seorang ustadzah atau orang yang banyak tahu tentang ilmu agama,tapi InsyaAllah apa yang saya tahu semoga dapat bermanfaat..

Pastinya kita harus berniat dan ikhlas melakukannya karena Allah SWT,shalat Tahajud yang dikerjakan dengan ikhlas akan mampu mengurangi beban kejiwaan yang sedang menyelimuti seseorang.
InsyaAllah pasti tidak akan sulit untuk bangun malam2 disaat kantuk yg cukup berat tapi karena kekuatan tekad kita untuk menggapai ridho ALLAH InsyaAllah kantuk akan dapat kita atasi..Dan jangan lupa perhatikan juga adab2 sebelum tidur,seperti membaca doa sebelum tidur,membaca ayat kursi,membaca 2 ayat terakhir surat Al-Baqoroh,surat Al-Kafirun dll.

Mungkin untuk awal2 kita bisa hidupkan alarm untuk membangunkan kita dan Allah menciptakan kita dgn sgl kesempurnaan, kita diberi-nya otak yg terdapat otak kanan dan otak kiri,pada saat kita berniat untuk bangun pada jam 3 misalkan...Otomatis otak kita akan men-set waktu bangun kita tsb.Jadi sebenarnya otak kita jg punya alarm..

Allah SWT berfirman, ''Dan pada sebagian malam hari bershalat Tahajudlah
kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat
kamu ke tempat yang terpuji.'' (Al-Israa': 79).


Firman Allah ini merupakan salah satu dasar disyariatkannya shalat Tahajud. Dengan begitu, shalat Tahajud sangat dianjurkan dalam Islam. Bahkan, shalat Tahajud menduduki
posisi kedua setelah shalat wajib.

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah Shollallohu 'alaihi wa sallam , ''Shalat yang manakah yang paling
utama setelah shalat wajib?'' Rasulullah Shollallohu 'alaihi wa sallam
menjawab, ''Shalat Tahajud!'' (HR Muslim).

Shalat Tahajud merupakan kebutuhan dalam menghadapi problem kehidupan.
Rasulullah Shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda, ''Kalian harus mengerjakan shalat malam, sebab itu kebiasaan orang-orang saleh sebelummu,jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah, penebus dosa dan kejelekan, sertapenangkal penyakit dari badan.'' (HR Tirmidzi).
Wallahu a'lam bish-shawab..

Jadi temans....selamat menggapai malam malam penuh ketenangan

Tidak ada komentar: