Sabtu, 29 Desember 2007

Rich Game..


Mau tau ini mainan apa.....Ini seperti mainan monopoli( mainan zaman kecil dulu)..
Tapi fungsinya beda..Mainan ini mengajarkan kita bagaimana kita bisa menjadi kaya dengan adanya peluang2 investasi yang ada dan mengatur cashflow keuangan kita dengan baik..

Isi bukunya pun gak jauh beda dengan permainan yg diberikan..

Jadi inti permainannya,setiap kita akan memulai permainan,kita harus mengambil kartu profesi.Di situ posisi kita dalam pekerjaan sebagai apa.Ada yg IT Manager,Staf Administrasi,Finance Manager dll dan kita akan mendapatkan gaji sesuai profesi kita tsb..

Kita mulai di kotak start dengan mengocok 2 dadu..
Pemain baru dapat pindah dari kotak luar ke kotak dalam apabila kekayaan bersih yg dimilikinya minimal mencapai 5 kali lipat dari gaji bulanan yg diterima.

Dan setiap bulan ada pengeluaran pribadi yg harus kita keluarkan,seperti biaya rumah tangga,biaya transportasi dan angsuran rumah,pajak dan zakat..
Permainan seperti kehidupan kita nyata,di mana kita tetap harus membayar biaya bulanan..

Bila kita berhenti dikotak kartu biaya...kita bisa mendapatkan kartu bahwa kita ,anak kita sakit dan harus masuk rumah sakit,kena denda di jalan,servis mobil rutin,makan2 bareng keluarga dll...dan bila kita tidak memiliki uang tunai kita dapat mengajukan pinjaman ke bank dengan ditambah suku bunga yg telah ditetapkan oleh pihak bank.

Dan setiap kita berhenti di kartu peluang investasi,kita akan mengambil kartu yg isinya beberapa peluang investasi..kalo kita berminat maka kita bisa beli investasi tsb seperti saham,reksadana,obligasi,emas,berlian,pembelian apartemen,& mata uang asing dll..

Di sini kita harus pintar2,jgn asal beli2 saja investasi tsb.. ...

Malah ada yg namanya kartu Joker putih di mana kita gak dapet gaji karena perusahaan kita bangkrut atau di PHK dan juga kartu joker hitam yg artinya seseorang tsb meninggal dunia.Itu artinya harus berhenti dari permainan dan tetap diperhitungkan kekayaan bersih termasuk pertanggungan/manfaat kematian dari asuransi jiwa ( apabila memiliki polis asuransi).

Pokoke di akhir permainan kita hitung berapa banyak assets kita dan hutang kita di bank.

Pemain dapat dikatakan sebagai THE RICH apabila pemain telah memiliki assets atau kekayaan bersih 20 kali lipat dari gaji bulanan yg diterima atau memiliki kekayaan bersih tertinggi diantara pemain lainnya..

Apabila kita bangkrut alias pailit karena tidak bisa membayar pengeluaran atau hutang dan tidak memiliki asset untuk dijual maka kita dinyatakan kalah dalam permainan tapi bila kita masih mempunyai assets,maka pihak bank berhak untuk menjual assetnya atau melelang assets tsb kpd pemain lainnya.

Wah..seru dech pokoke..kemarin aku main berdua sama suami sampe heboh gak karuan...
Biarpun score kita 1-1.. ..

Nice and very educated..

Tidak ada komentar: